Kamis, 16 Juni 2016

Ciri Khas Kota Lamongan



                Lamongan adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Lamongan sendiri adalah tempat tinggal saya sekarang dengan orang tua. Saya akan menceritakan sedikit tentang khas dari kota Lamongan.

                Kalian tahu tidak apa itu nasi boranan khas Lamongan? Pasti kalian penasaran apa sih nasi boranan itu. Nah,  nasi boranan adalah makanan khas dari Lamongan. Jika kalian mengunjungi kota Lamongan pasti kalian akan menemukan para pedagang nasi boranan di sepanjang pinggir jalan Lamongan. Kok dijalan ya jualnya, kenapa? Kaliaan pasti heran kenapa nasi boranan dijual di pinggir jalanan kota Lamongan. Alasannya adalah karena mereka menyediakan fasilitas lesehan dan mudah dijangkau oleh para pembeli maupun wisatawan. Nasi boranan sendiri yaitu nasi jagung yang memiliki berbagai macam lauk pauk khas Lamongan dan jangan takut juga untuk membeli nasi boranan ini, karena kalian akan puas dan ketagihan setelah mencoba rasanya serta mengetahui harganya. Kalian bisa memilih sendiri lauk makanan yang kalian mau dan harganya sangat-sangat terjangkau dan cukup memuaskan bagi para pemula. Dan masih banyak lagi makanan khas dari Lamongan yang harus kalian tau.

                Kota Lamongan juga memiliki ciri khas budaya yaitu dari tarian adat seperti Tari Boran, Tari Mayang Madu, Tari Turonggo Solah, Tari Caping Ngancak, Tari Silir-silir, dan Tari Sinau. Tarian yang sekarang sedang berkembang di kota Lamongan sendiri adalah Tari Mayang Madu. Kenpa? Karena tarian ini menceritakan tentang perjalanan Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Khususnya di daerah Lamongan Sunan Drajat. Dan asal para readers tau, saya adalah lulusan siswi dari salah satu SMP negeri yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat loh hihihi :D 

                Terakhir yang akan saya jelaskan adalah ciri khas dari kota Lamongan adalah mayoritas penduduknya di daerah kabupaten adalah pekerja laut seperti nelayan, pemasok ikan, dll. Karena di daerah Lamongan dekat dengan laut Utara. Lamongan sendiri merupakan kota pendidikan yang sudah banyak sekolah-sekolah yang terakreditasi bagus. Tidak hanya itu, mayoritas penduduk Lamongan adalah lulusan dari Pondok Pesantren, karena banyak sekali Pondok Pesantren yang ada di Lamongan.
                Okeh sekian para readers tentang tugas artikel untuk Pelatihan Akademik Tekhnologi Informasi Universitas Muhammadiyah Malang yang membahas tentang kota kelahiran saya. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar