Kamis, 16 Juni 2016

Masjid AR Fachruddin dan SPBU Universitas Muhammadiyah Malang



Masjid AR. Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh presiden BJ. Habibie ( Presiden RI ke 3 ) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai dan berada tepat di sebelah SPBU UMM. Masjid ini bukan hanya digunakan untuk beribadah tapi juga perkuliahan para mahasiswa.

            Lokasi Masjid ini berada di pinggir jalan raya Tlogomas ke arah Kota Batu. Masjid AR. Fachrudin juga sering digunakan sebagai tempat peristirahan para wisatawan karena lokasinya yang sangat mudah diangkau serta tempatnya yang nyaman.Tempat beribadah terletak dilantai 3 – 5 , sedangkan di lantai 1 dan 2 digunakan untuk perkuliahan.
            Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.           
            Di sebelah Masjid AR Fachruddin UMM juga terdapat SPBU ( Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ). Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Bukan hanya SPBU, disini juga terdapat rest area serta cafetaria bagi para wisatawan yang ingin beristirahat.

            Sekian deskripsi tentang Masjid AR. Fachruddin dan SPBU Universitas Muhammadiyah Malang. Terimakasih para readers ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar